Tugas Pengantar Teknologi Game (Softskill)
Nama : Ni Putu Yuan Antaputeri
Kelas : 3IA14
Npm : 54410952
PENDAHULUAN
Dewasa ini, teknologi komputer sangat berperan penting di kehidupan
sehari-hari. Perkembangan teknologi yang terus bermunculan memiliki banyak
manfaat bagi manusia dalam berbagai bidang yaitu informasi, edukasi, hiburan,
dan komunikasi. Dengan semakin berkembangnya zaman, manusia akan membuat suatu
teknologi semakin baik dalam bidang pembuatan game tiga dimensi, dan
memperkenalkan suatu hal menjadi lebih menarik. Salah satu teknologi yang
sedang berkembang dalam bidang pembuatan game tiga dimensi adalah Alice 3D
World. Alice 3D World sendiri merupakan sebuah lingkungan pemrograman inovatif
3D yang membuatnya mudah untuk membuat animasi untuk bercerita, memainkan
permainan interaktif, atau video untuk berbagi di web.
Salah satu pemanfaatan teknologi game 3D yaitu sebagai sarana entertaiment.
Dalam dunia maya, perkembangan game pada saat ini semakin pesat. Untuk itu
banyak aplikasi yang tersedia untuk memudahkan pembuatan game salah satunya
adalah Alice 3D World. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat membuat
objek tiga dimensi dan dijadikan suatu permainan animasi. Dengan menggunakan
metode Game 3D enggunakan aplikasi Alice 3D World, pengguna dapat lebih mudah
membuat permainan, dan akan mendapatkan banyak keuntungan karena game yang
dibuat lebih inovatif.
PENGERTIAN ALICE 3D WORLD
Secara umum, Alice adalah sebuah lingkungan pemrograman inovatif 3D yang
membuatnya mudah untuk membuat animasi untuk bercerita, memainkan permainan
interaktif, atau video untuk berbagi di web. Alice adalah alat pengajaran bebas
tersedia dirancang untuk menjadi paparan pertama siswa untuk pemrograman
berorientasi obyek. Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar konsep dasar
pemrograman dalam rangka menciptakan film animasi dan video game sederhana. Di
Alice, objek 3D (misalnya, manusia, hewan, dan kendaraan) mengisi dunia maya
dan mahasiswa membuat program untuk menghidupkan objek.
Alice juga dapat diartikan sebagai pemrograman berbasis objek bahasa
pemrograman pendidikan freeware dengan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE).
Alice menggunakan drag dan lingkungan penurunan untuk membuat animasi komputer
menggunakan model 3D. Perangkat lunak ini dikembangkan pertama di University of
Virginia, maka Carnegie Mellon (dari tahun 1997), oleh kelompok penelitian yang
dipimpin oleh almarhum Randy Pausch. Alice dikembangkan untuk mengatasi tiga
masalah inti dalam program pendidikan:
Kebanyakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk dapat digunakan untuk
"kode produksi" dan dengan demikian memperkenalkan kompleksitas
tambahan. Alice dirancang semata-mata untuk mengajarkan teori pemrograman tanpa
semantik kompleks bahasa produksi seperti C + +. Pengguna dapat menempatkan
objek dari galeri Alice ke dalam dunia virtual yang mereka bayangkan, dan
kemudian mereka dapat memprogram dengan menyeret dan menjatuhkan ubin yang
mewakili struktur logis. Selain itu, pengguna dapat memanipulasi kamera Alice
dan pencahayaan untuk membuat perangkat tambahan lebih lanjut. Alice dapat
digunakan untuk antarmuka pengguna 3D. Alice siam dengan IDE. Tidak ada sintaks
untuk mengingat. Namun, mendukung pemrograman berbasis objek penuh, event
driven model pemrograman. Alice dirancang untuk menarik sub-populasi tertentu
biasanya tidak terkena pemrograman komputer, seperti mahasiswa perempuan usia
sekolah menengah, dengan mendorong mendongeng, tidak seperti kebanyakan bahasa
pemrograman lain yang dirancang untuk perhitungan. Alice juga digunakan di
banyak perguruan tinggi dan universitas di Pengantar program Programming.
Dalam studi terkontrol di Ithaca College dan Universitas Saint Joseph melihat
siswa yang tidak memiliki pengalaman pemrograman sebelumnya mengambil kursus
ilmu komputer pertama mereka, nilai rata-rata meningkat dari C ke B, dan
retensi meningkat dari 47% menjadi 88%. . Sebuah varian dari Alice 2.0 disebut
Mendongeng Alice diciptakan oleh Caitlin Kelleher untuk disertasi PhD-nya Ini
mencakup tiga perbedaan utama. Animasi tingkat tinggi yang memungkinkan
pengguna untuk program interaksi sosial antara karakter. Sebuah tutorial
berbasis cerita yang memperkenalkan pengguna untuk pemrograman melalui
pembangunan sebuah cerita. Sebuah galeri karakter 3D dan pemandangan dengan
animasi yang dirancang untuk memicu ide cerita.
KONSEP ALICE 3D WORLD
Alice bukan sebuah bahasa OOP, Alice “berbasis object”, bukan “berorientasi”
object. Alice adalah lingkungan pemrograman visual untuk mendefinisikan objek
dan mengelola interaksi antar objek menghasilkan program animasi. Alice tidak
digunakan untuk belajar OOP yang sesungguhnya/mendalam, tetapi memberikan sense
tentang objek dan interaksi antar objek.
Cara instalasi Alice 3D World
1. Kunjungin situs resmi dari Alice 3D World, yaitu www.alice.org
2. tertulis dibagian bawah halaman utama alice, untuk mendownload software di
'alice software'.
3. kemudian pilih operating
system apa yang anda gunakan untuk komputer anda
4. Download dalam bentuk
.rar kemudian extract file. Kemudian cari file alice.exe kemudian run.
Memprogram dengan Alice Setting the Stage/ Menciptakan “dunia”, Menggambar
scenery/pemandangan. Kemudian memilih warna konstum. Meletakkan pemain,
pemandangan, dan objek lain pada posisi yang tepat. Menyiapkan kamera untuk
berputar, dll. Lalu Write the program to animate the word. Mode Lingkungan
Alice Scene edit mode 1. The menus 2. The button bar 3. The object tree 4. The
world's details section 5. The gallery 6. The world that is to be populated and
animated 7. The camera controls 8. The object manipulator buttons Program edit
mode Gallery & World Gallery mengandung berbagai class (blueprint dari
objek) Secara default, pertama kali “dunia” yang dibuat memiliki:
• Camera
• Light
• Ground
Objek pada ruang 3D • Object viewpoint: • Posisi objek pada ruang 3D Orientasi
objek relatif terhadap sistem koordinat 3D Setiap objek memiliki satu titik
pusat (centre point) dan 3 sumbu/axes (xyz ~ RGB) Objek dapat di-move (center
point berpindah) atau di-putar pada sumbu (center point tidak berpindah). Right
hand rule. Objek, Komponen Objek.
Object terdiri atas beberapa komponen yang dapat dilepaskan. Objek dan komponen
dapat dipindahkan dan diputar. Objek dan komponen dilingkupi oleh bounding box.
Setting stage (1) Manipulasi/Setting Objek: Add, Rename, Delete. Mengubah
property Mengatur posisi Mengubah “gambar” pada dunia: Mengubah posisi dan
orientasi kamera Mengubah sudut lensa Mengubah posisi dan orientasi objek pada
“dunia”.
Setting stage (2) Setiap objek pada Alice memiliki: property, method, dan
function Method: primitive method, custom method, new method Alice membedakan
method dan function: Method: instruksi terhadap objek untuk melakukan aksi
Function: konsultasi, mengembalikan nilai, status .
CONTOH KASUS
Dalam pembuatan Alice 3D world langkah pertama adalah dengan mengklik aplikasi
Alice yang sudah diinstal. Memuat World Mulai dengan menggunakan 3D world yang
sudah tersedia. Klik menu File pada menu bar, pilih Open World.
Opening BunnyWorld
BunnyWorld merupakan salah satu contoh World yang tersedia di 3D Alice.
Caranya, setelah klik Open World, pilih folder Worlds, lalu pilih Bunny.
Gunakan mouse untuk
memindahkan kelinci. Letakkan di bagian tengah.
Alice Commands
Mouse dapat digunakan
untuk penempatan objek secara acak. Jika ingin penempatan secara seksama, maka
dapat menggunakan Command Box pada Alice. Misalnya: bunny.move(forward, 1)
Setelah mengetikkan perintah pada Command Box, tekan Enter pada keyboard atau
gunakan mouse untuk klik tombol Go.
Arah Gerakan
Objek pada Alice dapat
bergerak ke arah forward (depan), back (belakang), left (kiri), right (kanan),
up (atas), dan down (bawah). Ke 6 arah tersebut ditujukan kepada gerakan benda.
Jika benda di gerakkan ke kanan, maka benda akan bergerak ke arah kanan benda
tersebut, bukan arah kanan pengguna.
Menambahkan Objek
Sekarang kita coba tambahkan objek pada world.Pada Alice control panel, klik
tombol Add Object:Maka akan muncul kotak dialog yang berisi banyak objek yang
dapat ditambahkan pada world tersebut. Misalnya objek yang kita tambahkan
adalah helikopter.
Menambahkan Helikopter
Setelah muncul kotak dialog
berisi objek, maka akan muncul banyak folder yang berisi objek-objek. Klik pada
Vehicles 2 kali.
Double klik pada Helicopter.mdl
Posisi Helikopter
Gunakan mouse dan Command Box untuk memindahkan helikopter dan kelinci. Menekan
tombol shift dapat membiarkan pengguna untuk memindahkan objek ke atas dan ke
bawah menggunakan mouse.
Demikian dijelaskan
bagaimana cara pembuatan objek dari Alice 3D World. Dengan menggunakan aplikasi
ini, kita dapat membuat berbagai macam animasi berbentuk kartun ataupun
permainan sekreatif mungkin.
PENUTUP
Kesimpulan
Jadi secara umum Alice bukan sebuah bahasa OOP,Alice “berbasis object”, bukan
“berorientasi” object,Alice adalah lingkungan pemrograman visual untuk
mendefinisikan objek dan mengelola interaksi antar objek menghasilkan program
animasi,Alice tidak digunakan untuk belajar OOP yang sesungguhnya/mendalam,
tetapi memberikan sense tentang objek dan interaksi antar objek.
Saran
Pembuatan buku tentang Alice 3D World Sebagai Media pembuatan game. Disadari
masih memerlukan beberapa pengembangan dalam pembuatan buku ini. Untuk itu
diperlukan pengembangan, dengan membuat permainan yang lebih beragam dengan
animasi yang lebih nyata. Selain itu buku ini diharapkan dapat berkembang
kedalam aspek yang lebih baik.
REFERENSI
www.alice.org
http://www.wikihow.com/Download-Alice-3D-for-the-PC
http://happynerds.net/view/windows
https://www.cs.duke.edu/courses/spring01/cps004/projects/alice/tutorial/
https://www.cs.duke.edu/csed/alice/dukeFemmes/snowmanWorldHand.pdf
Barbara Ericson ericson@cc.gatech.edu Georgia Institute of Technology Oct 2005
http://mail.informatika.org/~saiful/if2032/Slides/W1/IF2032_m1_PengantarAlice.pdf
0 comments:
Posting Komentar