Sophisticated

"First, you must love yourself therefore you can love someone else." -Ni Putu Yuan-

Sabtu, 30 Oktober 2010

The Studentsite of Gunadarma University





The Studentsite of Gunadarma University







Apa sih yang ada di benak kita pertama kali mendengar tentang studentsite? How do you think about it? Pastinya nih setiap mahasiswa atau mahasiswi yang kuliah di Universitas Gunadarma, universitas kita tercinta harus punya site tersebut. Namanya aja studentsite. Iya kan? Hehehehe. Nah di sini saya akan membahas tentang fitur-fitur yang ada di dalam studentsite.

Studentsite merupakan salah satu layanan atau fasilitas yang disediakan oleh Universitas Gunadarma yang bersifat online dan berbasis web atau situs, yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para mahasiswa dan mahasiswinya dalam menempuh studi mereka di Gunadarma dapat terbantu dalam menjalankan studinya kapan pun dan dimanapun tanpa terbatas jarak dan waktu. Untuk mengakses StudentSite dapat dilakukan dengan http://studentsite.gunadarma.ac.id
Di  bawah ini adalah tampilan awal studentsite site: 
 



Berikut adalah beberapa fitur yang ada di dalam studentsite.
  1. LOCKER. Di dalam fitur LOCKER ini kita dapat melihat nilai akademis perkuliahan, jadwal kuliah,jadwal ujian dan menyimpan pesan dari dosen (lecture message) yang berisi tugas tugas kepada mahasiswanya. Oleh karena itu fitur LOCKER sangat di perlukan mahasiswa karena dengan membuka Student site serta membuka fitur LOCKER mahasiswa menjadi lebih terupdate info info terbaru tentang dunia perkuliahan serta bidang akademisnya di Universitas Gunadarma.

2.  ADDRESS BOOK yaitu fitur yang dapat menyimpan dan mengelola alamat alamat email para mahasiswa Universitas Gunadarma.

  1. CALENDAR adalah fitur yang dapat membantu para mahasiswanya melihat jadwal perkuliahannya setiap hari, jadi dengan adanya fitur CALENDAR para mahasiswanya dapat mengatur jadwal kesehariannya dengan jadwal perkuliahannya sehingga waktu dapat di manajemen dengan baik dan tak ada yang tertinggal ataupun tidak mengetahui jadwal kuliahnya.

  1. FILE MANAGER adalah fitur yang memungkinkan mahasiswanya dapat mengelola dan menyimpan file file pribadinya di dalam fitur ini.

  1. FORUM, fitur ini para mahasiswa dapat bertukar dan sharing informasi mengenai topik topik dan peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.

  1. POLLS, fitur ini dapat menjadi alat yang menentukan dan menjaring pendapat pendapat para mahasiswa terhadap suatu topik dan peristiwa yang terjadi.

  1. BOOKMARK adalah fitur yang dapat dimanfaatkan para mahasiswa Universitas Gunadarma yang mempunyai Account Student site sebagai fitur penyimpan alamat alamat situs favorit para mahasiswanya agar dapat dibuka pada lain waktu.

Selain fitur-fitur di atas, terdapat pula Fitur MENU LAYANAN

1. HOME : layanan ini adalah halaman utama studensite yang berisikan calender dan locker pemilik Studentsite

2. WWW NEWS : layanan ini berisi tentang berita-berita seputar Universitas Gunadarma.

3. BAAK NEWS : layanan ini berisi tentang info-info terbaru tentang kegiatan perkuliahan, kegiatan akdemis dan pengumuman serta informasi seputar Universitas Gunadarma.

4.  Lecture Message : layanan ini berisi tentang tugas-tugas yang diberikan oleh dosen softskill kepada mahsiswanya, dan juga informasi–informasi yang tertuju pada mahasiswa tersebut.

5. Rangkuman Nilai : layanan ini berisi tentang rangkuman nilai akademis yang diperoleh para mahasiswa.

6. Jadwal Kuliah : Layanan Ini berisi tentang jadwal perkuliahan seperti jadwal ujian para mahasiswa .

7. Jadwal ujian : layanan ini berisi tentang jadwal-jadwal ujian akademis para mahasiswa.

8. Bebas perpustakaan

9. Surat keterangan

10. Informasi Absensi : layanan ini berisi tentang informasi absensi

11. Pendaftaran Lomba Blog : layanan ini adalah fasilitas untuk mendaftarkan diri pada kompetisi blog yang dapat diikuti para mahasiswa.

12. Info Seminar : layanan ini berisi tentang informasi dan jadwal adanya seminar seminar dengan beragam topik.

13. Tulisan (UG Portofolio) : layanan ini berfungsi untuk menulis berbagai macam artikel yang dapat membuat mahasiswanya dapat berbagi ilmu pengetahuan.

14. Tugas (UG Portofolio) : layanan ini berfungsi untuk tugas-tugas mata kuliah softskill.

15. Deposit Library

16. Warta Warga : layanan ini berisi beberapa informasi terbaru seputar Universitas Gunadarma dan berisi tips tips yang menarik dengan bentuk seperti obrolan.

17. Blog komunitas perbankan : layanan ini berfungsi apabila anda ingin menuju dan menghubungkan anda ke url blog komunitas perbankan Universitas Gunadarma

18. Blog komunitas Linux : layanan ini berfungsi untuk menghubungkan user studentsite langsung ke url blog komunitas linux Universitas Gunadarma


19. Blog komunitas fotografi : layanan ini berfungsi untuk menghubungkan user Studentsite ke url blog komunitas fotografi Universitas Gunadarma.

20. Blog komunitas robotika : layanan ini berfungsi untuk menghubungkan user Studentsiteke url blog komunitas robotika Universitas Gunadarma.

21. Blog komunitas arsitektur : layanan ini berfunsgsi untuk menghubungkan user Studentsite ke url blog komunitas arsitektur Universitas Gunadarma.

22. Blog komunitas ekonomi syariah : layanan ini berfungsi untuk menghubungkan user Studentsite langsung ke url blog komunitas ekonomi syariah Universitas Gunadarma.

23. Blog komunitas pasar modal : layanan ini untuk menghubungkan user Studenstsite ke blog komunitas pasar modal.

Menurut saya, tampilan studentsite saat ini sudah cukup baik dan mudah dipahami, terutama bagi para pemula seperti mahasiswi baru yaitu saya sendiri yang menggunakan Studentsite karena saya tidak menemukan kesulitan berarti karena tampilan dan desain studentsite yang mudah dimengerti. Tetapi tidak menutup kemungkinan tentu saja dengan seiring berjalannya kemajuan teknologi dan informasi, agar lebih di perbaiki dan ditambah bfitur demi kenyamanan dan kemudahan para pengguna Studentsite seperti ditambahkan :
1. Aplikasi chat ke administrator agar dapat menampung saran saran.
Serta beberapa yang perlu diperbaiki :
1. Server agar tidak terjadinya system down maintenance sehingga menyulitkan berbagai user
    untuk mengirim tugas-tugasnya.
2. Halaman awal agar lebih full colour atau menarik.


0 comments:

Posting Komentar