Sophisticated

"First, you must love yourself therefore you can love someone else." -Ni Putu Yuan-

Minggu, 24 April 2011

PROGRAM RUBY SEDERHANA


1.      print “masukkan nama : “
nama = gets
Statement di atas digunakan untuk pencetakan kalimat masukkan nama :  yang dimana pada user akan menginput data (nama). Inputan oleh user tersebut disimpan di dalam variable nama dan untuk dapat menjalankannya digunakanlah gets.

2.      print “masukkan kelas : “
kelas = gets
print “masukkan NPM : “
NPM = gets
Statement - statement di atas masing – masing digunakan untuk pencetakan kalimat masukkan kelas :  dan kalimat masukkan NPM :  yang dimana pada user akan menginput data (kelas dan NPM). Inputan oleh user tersebut disimpan di dalam variable kelas untuk kelas serta NPM untuk NPM dan untuk dapat menjalankannya digunakanlah gets.
3.      print “masukkan nilai UTS : “
UTS = gets.to_f
print “masukkan nilai UAS : “
UAS = gets.to_f
Nilai = ( UTS + UAS ) / 2
Statement - statement di atas masing – masing digunakan untuk pencetakan kalimat masukkan nilai UTS :  dan kalimat masukkan nilai UAS :  yang dimana pada user akan menginput data berupa angka (UTS dan UAS). Inputan oleh user tersebut disimpan di dalam variable UTS untuk UTS serta UAS untuk UAS dan untuk dapat menjalankannya digunakanlah gets.to_f à artinya bahwa inputan yang diberikan oleh user tersebut bertipe data float.
Kemudian Nilai diperoleh dari kalkulasi (UTS + UAS)/2.


4.      print “\n==DATA DIRI MAHASISWA==”
Statement di atas digunakan untuk mencetak kalimat DATA DIRI MAHASISWA
\n à digunakan untuk enter

5.      puts “\nNama : “,nama
puts “\nKelas: “,kelas
puts “\nNPM : “,NPM
puts “\nUTS : “,UTS
puts “\nUAS : “,UAS
puts “\nNilai : “,Nilai
gets ()
Statement-statement di atas digunakan untuk pemanggilan inputan yang tadinya sudah diinput oleh user. Dimana di dalam DATA DIRI MAHASISWA terebut tercetak Nama, Kelas, NPM, UTS, UAS serta Nilai yang diperoleh oleh mahasiswa dari kalkulasi UTS dan UAS. gets () à digunakan untuk menghentikan program sementara waktu sampai tombol enter ditekan.

0 comments:

Posting Komentar