Sophisticated

"First, you must love yourself therefore you can love someone else." -Ni Putu Yuan-

Selasa, 03 Juni 2014

Talkback, Bagaimana Cara Menon-aktifkannya?

Cara menon-aktifkan Fitur Talkback

Sebelum kita membahas mengenai cara menon-aktifkan fitur Talkback pada Smartphone Android, saya ingin bertanya apakah kalian tahu apa fungsi dari fitur tersebut? Saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya mengenai ini. Kemarin, saya iseng untuk mensetting Smartphone milik saya. Yah, seperti pengen tahu apa aja sih yang ada didalam smartphone saya ini. Bahasa sekarangnya ya oprek-oprek ala mahasiswa :D

Saya iseng untuk menggeser tombol ON pada fitur Talkback. Dan kemudian, wow! Amazing! Apapun yang kita klik, apapun yang kita inginkan dibantu dengan suara. Begitu kurangnya pengetahuan saya, saya baru tau ternyata Fitur Talkback ini dirancang untuk membantu user yang memiliki kekurangan penglihatan. Maaf jika saya mengatakan bagi user yang Tuna Netra. Awalnya saya senang dan mengatakan "Canggih juga ini HP" Haha. Ternyata lama kelamaan saya bingung mau balik lagi ke Setting dimana saya mensetting ON pada fitur Talkback. Karena terbiasa dengan gerakan tangan yang cepat, apalgi dengan HP layar sentuh. Saya belum tahu bagaimana mengendalikannya.

Panik! Itu yang ada dalam pikiran saya. Awalnya saya restart HP saya, kemudia saya aktifkan kembali dan ZONK! HP saya tetap dengan Talkback yang Aktif. Perlahan lahan saya mulai mencoba mencari celah beradaptasi, ternyata bisa digeser satu per satu pelan-pelan saat memilih sub menu yang kita inginkan. Jika sudah pada menu yang kita ingginkan, biasanya kita hanya men-touch sekali dan langsung masuk kedalam fungsi menu tersebut. Namun saat Talkback ini aktif, kita harus menyentuhnya 2 kali.

Yah, dapet juga pengalaman :D 
Nah, bagaimana cara menonaktifkannya? Untung saja masih ada laptop, jadi saya dapat mencari di internet melalui laptop. Dari beberapa artikel yang saya baca, cara tercepat adalah "Force Stop". Berhubung saya lupa dimana letak Talkback pada menu setting, saya melakukannya melalui "File Manager" kemudian pelan-pelan menggeser aplikasi yang aktif, dan akhirnya ketemu dengan Talkback! Langsung saja saya Force Stop. Dan akhirnya fitur ini Non Aktif, HP saya kembali seperti semula.

Semoga bermanfaat yaa bloggers! :)

102 comments:

samsung aku juga kemaren gak sengaja di idupin.,
gimana sih kak cara mematikan ny.,.,udh di coba2 gak bisa.,,
geser menu dari page 1 ke page 2 ny gak bisa
 
coba drag pelan2 cari file manager untuk uninstall talkbacknya. untuk memilih, double klik ya. semoga bermanfaat :)
 
Masuk aja ke "Manage apps"
Kalo di HP saya ditekan tombol sebelah kiri Menu
Nah kebetulan yang di HP saya nongol tuch di menu "Download"
Saya langsung sikat dech...
Kembali ke Normal Dech...
Sekalian langsung saya "DISABLE"
Bikin panik soalnya...
:D
 
dihp aku ga bisa nih walau udah msk ke pengaturan tapi ga bisa digeser soalnya pengaturan aplikasinya ada dibawah....ada yg bisa bantu ga?
 
Ini di hape saya buka kuncinya kan geser, saya geser2 masih gamau buka nih..
hape xperia z
 
Makasih bgt atas infonya, pusyang bgt pas talkback nya nyala... thanks alot
 
Coba geser dengan dua jari
 
tes
 
hahaha..huft . Emang 'samsung talk back' bikin panik, panas dingin. tampilan ngga bisa di geser, hanya bisa akses tampilan yg nampil di layar saja. akhirnya saya coba masuk menu pencarian di play store aplikasi saya . muncul google talk back saya copot pemasangannya lalu saya perbarui kembali. nah...!! saya dpt celah di situ. ketika google talk back di perbarui samsung talk back akan non aktif dalam waktu yg sangat singkat dan dari situ saya bisa leluasa masuk ke pengaturan 'talk back'
 
coba kalo geser ke atas bwah pake usapan 5jari atau usapan telapak tangang
 
gilaaa panik abis coy
pikiran kemana2
thanks ka :)
 
Thank's bos,., hp temen ane panik setelah baca alhamdulillah hp'y sembuh,,, 👦👌
 
thank's ya buat info nya.. tadi dah kringat dingin lah
 
haha..msh mending andron lain mah..nih sy pake LG G2 lbh mabok n panik lagi ga bisa di geser ampun dah pusing nya..ga tau nya di geser pakai 2 jari baru bisa..wkwk..pengalaman yg tak terlupakan
 
Makasih gan... Sempat panik.
Kelar sudah.
 
Makasih semua atas petunjuk ny,,,, bnr" bkin panik bnget dehh emang..
 
ternyata bisa diakses dengan 2 jari. terima kasih.
 
makasih banyak buat info nya, apalagi buat yang usapan 5 jari. Oke banget, karena beneran panik banget. Makasih semuanya
 
makasih yang sebanyak-banyaknya buat semua specialnya untuk 2 jari dan lima jari panas dingin jadi satu........
 
makasih ya hp samsung saya juga sudah kembali normal. Kesel abis dengan ocehan si talkback :)
 
wih thanks bgt gan infonya.. meskipun awalnya dimarahi nyokap grgr dikira ane yg utak atik hpnya :'v tp work kok gan...
 
aku aktfin kunci layar geser gamau kebuka pas udah ngunci gimana dong? hp saya smartfren andromax v3s
 
Maksih gan
Sangat membantu
Tadi pagi2 d dpt pemberitahuan, mau diaktifin gk itu, ya ane klik aja iseng2 gt.
Lah kok jd begono, panik dah gue,
dah mikir Flashing td.
Tp akhirnya gogling n ketemu ini.
tanks gan
sangat membantu
:v
 
samsung ku juga. tadi abis nyoba2 masang app iphone yg inoty,trs iseng2 coba itu td. eh,pas mau di nonaktifin kok gabisa2. gmn ini caranya?itu blog uda aku coba2
 
akses seperti biasa tapi pakai dua jari. lancar jaya
 
Thaks info na sist....
 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 
gimana mau matiin talkback nya, layar nya ke kunci g bisa d buka
 
alhamdulillah. makasih ya buat infonya ,, pikiran udah kmana mana nih
 
layarnya di kunci. jadi gimana?
 
Thank ya gan Hp aneh udh normal kembali sangat membantu, hehe
 
kak, kalo cara menggeser ke atasnya gimana ya kk?
 
siip ternyata bisa digeser dengan 5 jari setelah itu non aktifkan talk back
 
asli panik banget
 
hp saya kekunci tapi saya mau saya geser nggk bias , gmn caranya ya ?? mohon dibanru panic banget nih
 
Tadi gk sengaja hidupin talkback,terus hpnya direstart,masalahnya gimana buka kunci layarnya
 
Tadi gk sengaja hidupin talkback,terus hpnya direstart,masalahnya gimana buka kunci layarnya
 
alhamdulillah jadi tambah pengetahuan cara menonaktifkan talkback, semoga dapat membantu apabila teman terkena masalah seperti ini, terima kasih infonya
 
hahaha haduuh bkin panik aja..tp seru jg nih..
 
alkhamdulillahhhhhh.......makasih ya temen2 atas infonya..akhirnya dengan menggeser secara perlahan2 pake 2/3 jari ketemu deh talkbacknya
 
Mantapp
 
Sudah deg degan eh..tapi akhirnya biza..
 
Alhamdulillah untung ada mbah google dan untungnya lagi ada blog ini.
makasih banyak atas ilmunya yg paling sangat berharga. tadi nya si mau aku bawa ke conter tapi kn (kata denis di sopo jarwo) gak ada dooooooooit

makasih banyak y
 
Alhamduliha samsung gw kembali normal.. Thanks ya Tips nya..

:)
 
hp saya kekunci tapi saya mau saya geser nggk bias , gmn caranya ya ?? mohon dibanru panic banget nih
 
t e r i m a k a s i h...... h a m p i r ngamuk gara2 talkback terus.
ok..ok..ok...m a n t a p....
 
alhamdulillah ,,,,
makasih banget infonya, hadung rasa pengen nangis...
uda restart, copot baterai haduhhhh,,,,
 
thanks sangat membantu
 
Ya Allah makasih, gusti....
Bingung, trnyata gesernya pake 2jari
Trus bukanya klik 2x toh
Ampe keringetan, mau nangis
Heheggggg
Thanks
 
Help dunk..ini talkback udah aq non aktifkan.tp selalu muncul terus.mau search goggle talkback nya ngomong.mau pake i bangking jd g bs.
 
makasih gn moga blog ini tambah banyak yan mengunjungi
 
kenapa gak bisa pake 2 jari, tolong minta bantuannya
 
Kalau mengaktifkan talkback, scroll screennya dengan cara menyentuh satu jari dan jari yang satunya menggeser :) pengalaman, pertama beli HP Samsung Galaxy J1 Ace.
 
saya sudah uninstall dan off'in talkback pd application manager. tp tetap saja talkbacknya berjalan walau saya sudah memakai profil (mute, sound, or vibrate) kecuali saya off'in volume media saya (music, video, games etc) barulah talkbacknya off juga. tp kalau saya off'in volume media saya, saya tidak bisa mendengarkan music dan sebagainya. mohon bantuan dan sarannya yaa. karena saya sudah hampir frustasi, gan sist. thanks before :)
 
saya sudah uninstall dan off'in talkback pd application manager. tp tetap saja talkbacknya berjalan walau saya sudah memakai profil (mute, sound, or vibrate) kecuali saya off'in volume media saya (music, video, games etc) barulah talkbacknya off juga. tp kalau saya off'in volume media saya, saya tidak bisa mendengarkan music dan sebagainya. mohon bantuan dan sarannya yaa. karena saya sudah hampir frustasi, gan sist. thanks before :)
 
Xiaomi ku kemarin kepasang talkback Juga jengkel rasanya Coz menu aksesibilitinya tidak muncul karena susah bener geser ke layar bawah, ada cara sangat mudah untuk mecopot talkback caranya masuk ke play store download talkback, nah disana coz talk back sudah terpasang tertulis installed, ketuk tombol installed maka muncul pilihan copot pemasangan dan menu perbaharui, ketuk copot pemasangan, tunggu sampe selesai mencopot talkback dan off deh talk back dengan aplikasinya sekalian. android ku normal lagi. kalo temen-temen yang pernah download talkback skalian hapus saja dari file down loadnya. talk back itu aplikasi baik hati untuk tuna netra ya. salam pekerja sosial.
 
pake 2jari bisa gaessss
 
Terima kasih akhirnya normal kembali
 
sempet panik tadinya, hampir factory reset, untung ketemu blog ini. trims bgt
 
kalo layarnya ngebeleng gmna ni
 
huffff gw sampe panik nih gw coba" geser lock Hp gw ga bisa,,,,untung gw ketemu artikel ini skrg HP OPPO gw bisa balik kesemula trnya hrs pake 2 jari,,,3 jam gw coba" ga bisa ehh ternya gampang juga baliknya ,,,,
 
huffff gw sampe panik nih gw coba" geser lock Hp gw ga bisa,,,,untung gw ketemu artikel ini skrg HP OPPO gw bisa balik kesemula trnya hrs pake 2 jari,,,3 jam gw coba" ga bisa ehh ternya gampang juga baliknya ,,,,
 
sempat emosi ni gan gara2 TB....padahal mau telp penting malah g bisa....thanks infonya..
 
Ty bro informasi nya, udah bisa hp gie
 
awalnya kawatir , pesimis, terimakasih sangat membantu
 
Hpku juga xperia,,,gimana buka kuncinya,,,biar bisa kebuka hpnya and aku stop talk backnya,,sampai sekarang masih sekarat hpku😢😢😢
 
Mantab
 
terimakasih. udah sempet panik gegra gabisa dimatiin������
 
Mito a18 gk bisa, cuma layar bawah yang bisa di geser solusi dong, settingnya di atas gk bisa di gser
 
Mito a18 gk bisa, cuma layar bawah yang bisa di geser solusi dong, settingnya di atas gk bisa di gser
 
Maaf kak mau tanya juga ni,,, hp aku Oppo Neo 5 kalau buka Tombol kunci tu gak bisa,,,tp lama - kelamaan layar hp nyala terus ga bisa juga di buka kalau di sentuh atau di geser, ???
 
Tanks infonya,,,,akhirnya oppo joy 3 bisa balik lgi
 
makasihhhhhhh bnykk
akhirnya hp ku udh kmbali smulaaa
 
thank you semua.... ane panik.... hahaha
 
Terima kasih.
 
Terima kasih.
 
thanks........
 
Itu fitur accesibility, kalo ga iseng buka semua setting ya susah ketemunya.
 
Itu fitur accesibility, kalo ga iseng buka semua setting ya susah ketemunya.
 
alhamdulilah akhir nya kembali normal lg, makasih untuk informasi nya
 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 
Kak hp samsung young 2 gak bisa disentuh layarnya karena saya pencet aplikasi talkback
 
Pake 2 jari bs digeser" tp kok gak bs di nonaktifkan ya?? Tolong donk yg tau
 
Maaf kak... kalo hp samsung core gmana yah cara kebawah nya ... kan saya udah di pengaturan trus kebawah nya gimana ?
 
makasih banget gan info nya hp ane jadi lancar lagi
 
Hp saya oppo neo5 , bagaimana caranya untuk hilangin talkback.Dan bagaimana menggeser menunya?
 
hp vivo ada talkbacknya ngga? ini hp saya talkbacknya kaya aktif cuma hp saya vivo, dan ga bisa menonaktifkannya. mohon bantuannya
 
Alhamdulillah... Sy harus menghapus beberapa aplikasi dan merestart hp... sy simpulkan Talkback adalah aplikasi yg bisa dinonaktifkan atau bahkan dihapus...
 
kak tolong infonya dong. punya saya tab lenovo bisa digeser tapi menunya gak muncul semua..yg muncul menu utama doang..gmna cara atasiny kak
 
GAN MINTA BANTUAN DONG INI OPPO FI ,BISA GESER PAKE 2 JARI.TAPI PAS KLIK APLIKASINYA TIDAK BISA ,SUDAH SAYA KLIK 2X TAPI TTP GABISA TOLONG GAN :'(
 
GAN MINTA BANTUAN DONG INI OPPO FI ,BISA GESER PAKE 2 JARI.TAPI PAS KLIK APLIKASINYA TIDAK BISA ,SUDAH SAYA KLIK 2X TAPI TTP GABISA TOLONG GAN :'(
 
Alhamdulillah trimakasih atas infonya gan hpku sudah normal lagi talkbacknya sudah off
 
Makasih yah ... saya sudah pikir buat bawa ke seluler , sebelumnya sudah saya restart . Akhirnya talkbacknya mati setelah saya liat ini . Soalnya kepo apa ini talkback setelah di aktifkan baru saya menyesal . Saya dapat pelajaran dari talkback . Saya banyak bersyukur , hidup saya sempurna .
 
terimakasih atas bantuannya pake dua jari kk
 
Wooow...gile abis..dikerjain sama hp...seharian..nyari nyari gak ketemu fiture..makasih ya Sob atas masukannya...ni dah jadi...tekyu ya...salam kenal...Eko
 
gillakkk..bikiin stresss, untung dahh bisa geser pake 2 jarii..aslii dahh bkn esmoso
 
Josss gan sarannya berguna
 
Hp advan gimana caranya
 
Hp advan gimana caranya
 
Wkwk, saya baruuu aja selesai mengatasi hp setelah iseng mengaktifkan talkback. Agak panik awalnya, tapi saya coba menggeser dengan dua jari perlahan-lahan. Untuk hp saya, Xiaomi Redmi 4A, saya harus klik sekali, lalu klik lagi 2x per tombol. Alhamdulillah teratasi dalam waktu +/- 3 menit 😅
 
mbak,klo kekunci gmana caranya mbak? hp saya xiomi redmi 4a jga
ini talkback gk mau jalan mana kekunci lagi
 

Posting Komentar